Saturday 8 August 2015

Komponen Perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer

Komponen Perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer



Komponen Perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer - Komputer merupakan sebuah alat yang sudah tidak asing lagi pada era modern sekarang, hampir seluruh masyarakat di dunia memiliki perangkat ini, dimana perangkat ini sangat membantu dan memudahkan dalam mengerjakan atau mengolah data dan kegiatan lainnya.


dimana komputer ini harus terdiri dari 3 komponen penting yaitu Input, Proses, dan Output. Ketiga komponen tersebut sangatlah penting dalam menjalankan sebuah komputer, jika salah satu dari ketiga komponen tersebut tidak ada dalam komputer maka komputer tidak akan bisa digunakan atau dijalankan. Selain ketiga komponen tadi, ada juga ada komponen lainnya sebagai penambahan yaitu Penyimpanan dan Komunikasi dimana komponen ini juga diperlukan dalam mengoperasikan komputer.

tapi, apakah anda mengetahui apa pengertian dari komputer ?
Komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengolah data cepat yaitu dapat menerima informasi Input ( masukan/menginput ), Kemudian memproses input/masukan tersebut ( memproses ) sesuai dengan program/aplikasinya dan kemudian keluaran berupa Output ( keluaran / menampilkan ) berupa sebuah Informasi yang sesuai.

Dan dalam artikel ini, saya akan berbagi ilmu yang saya ketahui kepada anda para pembaca yaitu apa saja komponen atau peralatan dalam komputer yaitu perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi. 


Jadi simaklah dengan baik artikel dibawah ini.


Komponen Perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer

Input

Input atau masukan berfungsi sebagai media masukan dari luar komputer ke dalam sistem komputer hingga dapat diproses. Perangkat Device dalam Input terdiri dari :
  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Joystick
  4. Track Ball
  5. Light Pen
  6. OCR Scanner
  7. Image Scanner
  8. Bar Code Reader
  9. Digitizer
  10. Touch Screen
  11. Video Player
  12. Kamera
  13. Voice Recognition

Proses

Proses/memproses berfungsi sebagai mengolah data dari Input sebelumnya ( masukan ) kemudian diproses sesuai aplikasinya dan nantinya mengeluarkan ( Output ) berupa Informasi baik itu suara atau tampilan. Perangkat Device dalam Proses terdiri dari :

  1. Processor
  2. RAM ( Random Acces Memory )
  3. Motherboard
  4. VGA ( Video Graphic Array )

Output

Output/keluaran yaitu keluaran dari hasil Pemrosesan Input yang berupa tampilan ataupun Suara. Perangkat Device dalam Output terdiri dari :

  1. Speaker
  2. Printer
  3. Monitor
  4. Projektor

Penyimpanan

Media penyimpanan berfungsi sebagai menyimpan berbagai macam data-data yang nantinya data tersebut dapat disimpan dan dibaca di komputer. Perangkat Device dalam Penyimpanan terdiri dari :

  1. Disket
  2. Hardisk
  3. Flashdisk
  4. CD-ROM
  5. Optical Disk
  6. SSD
  7. Magnetic Tape
  8. Cartridge

Komunikasi

Media komunikasi merupakan komponen tambahan di dalam komputer yang fungsinya adalah untuk berkomunikasi ataupun mencari sebuah informasi dengan menggunakan komputer. Perangkat Device dalam Penyimpanan terdiri dari :

  1. Network Card
  2. Modem ( Modeulator Demodulator )
  3. Midi Card
  4. TV Card / TV Tunner
nah kira-kira itu dia pemaparan tentang Komponen Perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer dimana pada tiap-tiap komponen terdiri dari berbagai macam alat yang nantinya dapat digunakan utuk menjalankan komputer.

Sekian dulu Komponen Perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer. saya harap artikel ini bermaanfaat bagi anda yang belum mengetahuinya dan terima kasih sudah banyak sudah mengunjungi blog ini dan jangan lupa Share dan berkomentar.

12 comments:

  1. ilmu baru nih, buat tugas TIK , thanks gan

    ReplyDelete
  2. Tambahin gambar donk mas, biar lebih jelas bentuknya yang kaya apa

    ReplyDelete
  3. wah lengkap bgt gan..
    nice info gan

    ReplyDelete
  4. Wihhh menariklah Artikelnya,sama tentang sama blognya

    ReplyDelete
  5. mantap gan :D lengkap :D susunanya juga tertata rapih, gamapang dibaca :D nice post gan :D

    ReplyDelete
  6. Komunikasi itu tv tuner ooo

    ReplyDelete
  7. Thanks gan, kalo bisa post tutorial Overclock Processor dong

    ReplyDelete
  8. jadi tahu nih,,, bagus bisa buat pelajaran pemula yang ingin kenal komputer

    ReplyDelete
  9. Singkat padat, jelas dan mudah di pahami .

    ReplyDelete