Saturday, 8 August 2015

Beberapa Contoh Pupuh Ginada Bali

Contoh Pupuh Ginada Bali

Beberapa Contoh Pupuh Ginada Bali - Pupuh adalah sebuah karangan puisi tradisional yang memiliki beberapa suku kata dan rima tertentu pada tiap barisnya, diamana dalam membuat pupuh ada beberapa persyaratan yang harus sesuai dengan jenis pupuh pada tiap barisnya, salah satunya pupuh bali yang sering didengan adalah pupuh ginada.

Membuat pupuh bali sebenarnya sangat gampang, tergantung dari kita sendiri asalkan kita mau berusaha untuk mempelajarinya. Pada intinya membuat sebuah pupuh yang sangat perlu di perhatikan adalah uger-uger atau aturan yang sesuai dengan pupuh tersebut dan mengetahui dasar bahasa bali. tiap-tiap pupuh memiliki peraturan atau uger-uger sendiri, sebagai contoh yaitu Pupuh Ginada, aturan membuatnya adalah :

8A  8I  8A  8U  8A  4I  8A 

sedangkan pupuh lainnya yaitu pupuh ginanti uger-ugernya adalah :

8u  8i   8a   8i   8a  8i

nah, pada artikel ini, saya akan memberikan beberapa contoh Pupuh Ginada sebagai bahan atau refrensi bagi anda yang ingin belajar dan memperdalam membuat sebuah pupuh.

Contoh Pupuh Ginada Bali

Pupuh tentang Sekolah

Sekolah Teknologi

Titiang Masuk ring sekolah (8a)
Ring sekolah teknologi (8i)
Di SMK Ti Bali Global (8a)
Gurune Jegeg lan bagus (8u)
Ajahina ane melah (8a)
Mlajah IT (4i)
Angge masa depan titiang (8a)

 Pupuh tentang Agama

Palajahin apang tatas
Ragane sane suluhin
Agamane angge daasr
Tutur agamane luhur
Angge suluh suka duka
Mangda niki
Ajeg lan tetep sukerta

diatas merupakan beberapa contoh tentang Pupuh Ginada Bali, lain waku jika ada kesempatan akan saya update lebih banyaklagi mengenai pupuh ginada dan juga pupuh lainnya.
artikel ini merupakan re-write dari blog www.didik16.com

Sekian Beberapa Contoh Pupuh Ginada Bali dari saya. Terima kasih banyak karena sudah berkunjung ke Blog ini dan saya sangat berterima kasih jika anda meninggalkan komentardan menshare artikel ini.

0 comments

Post a Comment