Sunday 16 August 2015

Penyebab Mozilla Firefox Not Responding dan Mengatasinya

Penyebab Mozilla Firefox Not Responding dan Mengatasinya

Penyebab Browser Not Responding dan Mengatasinya - Web Browser merupakan sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk berjelajah di internet, ada berbagai macam web browser yang ada dan digunakan oleh masyarakat seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explore, Safari, dan lainnya. Salah satu dari berbagai macam web browser adalah Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser yang sangat populer digunakan selain Google Chrome hingga saat ini, setiap perangkat baik itu komputer, laptop ataupun perangkat lainnya pastinya memiliki web browser yang satu ini, Firefox sendiri bisa kita dijalankan di macam macam sistem operasi contohnya seperti Windows, Linux, Mac OS, dan FreeBSD dan OS lainnya. Tampilan yang menarik dan berbagai macam fitur yang digunakan sehingga membuat semua masyarakat menggunakan web browser ini untuk berjelajah dunia internet.

Tetapi kecanggihan fitur dan tampilannya tersebut memiliki kekurangan yaitu bagi para penggunanya. Bagi pengguna Mozilla Firefox yang menggunakan spesifikasi PC yang bisa dibilang rendah pastinya akan merasakan berbagai macam masalah dan salah satunya adalah Not Responding, not responding ini merupakan sebuah kejadian dimana pada sistem komputer sebuah aplikasi berhenti bekerja secara tiba-tiba dan tidak bisa digunakan, sehingga apabila user mengklik menggunakan Mouse ataupun mengetik menggunakan keyboard hal itu tidak akan bekerja karena aplikasi yang sedang anda gunakan terjadi not responding atau bahasa lainnya crash.

apalagi bila anda sedang menginstall dan membuka aplikasi yang bisa terbilang berat, contohnya aplikasi untuk mendesain dan game yang sangat berat seperti Battlefield, GTA5, COD, dan lainnya pastinya Not Responding ini muncul karena rendahnya spesifikasi dari komputer atau laptop yang anda gunakan tidak seimbang dengan aplikasi yang sedang digunakan. Dan pastinya ini akan berdampak juga terhadap Mozilla Firefox dan juga browser lainnya, bila spesifikasi PC/laptop anda rendah sedangkan anda membuka mozilla dengan banyaknya Tab, Add on atau plugin yang terlalu banyak dan kadang ada yang sama sekali tidak digunakan.

Nah pada Kesempatan ini dan pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa faktor-faktor penyebab mozilla firefox not responding dan bagaima mengatasinya. Agar Not Responding tidak terjadi pada mozilla firefox untuk kedepannya di pc/laptop anda.

Penyebab Mozilla Firefox Not Responding dan Mengatasinya


dibawah ini merupakan beberapa faktor-faktor yang membuat Mozilla Firefox anda terasa berat dan menyebabkan not responding.
  1. Rendahnya Spesifikasi Komputer atau Laptop anda seperti RAM yang kecil hanya berkisar 1 GB kebawah.
  2. Terlalu banyaknya membuka berbagai macam aplikasi/program secara bersamaan dengan Web Browser sedangkan RAM yang digunakan tidak mencukupi.
  3. Terlalu banyak membuka Tab, Usahakan jangan terlalu banyak membuka Tab setidaknya bukalah 7-10 Tab agar Mozilla tidak crash atau not responding
  4. Terlalu banyak menginstall Add-ons dan plugin browser
  5.  Beberapa  Plugin browser atau Add-ons ada yang tidak mendukung atau compitable dengan Mozilla Firefox
  6. Spesifikasi Minimun yang tidak sesuai dengan Mozilla Firefox pada PC atau Laptop yang anda gunakan.
setelah diatas dipaparkan beberapa faktor yang membuat Mozilla Firefox not responding atau crash dibawah ini adalah solusi atau cara mengatas hal tersebut.

  1. Reset Ulang Firefox, dimana Mozilla firefox kita akan direset, sehingga mozilla akan tampak seperti baru atau kembali ke seperti awal, dimana history, cache, download, bookmark, dan lainnya akan hilang dan firefox akan terasa lebih ringan saat digunakan. baca cara reset firefox di Cara Reset Browser Mozilla Firefox ke Pengaturan Semula.
  2. Upgrade spesifikasi komputer atau laptop anda, seperti RAM atau Processor sehingga anda akan lebih leluasa membuka berbagai macam aplikasi bersamaan dengan Mozilla Firefox
  3. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi yang berat-berat dan bersamaan dengan membuka Mozilla Firefox sedangkan RAM anda tidak mencukupi hal tersebut.
  4. Menonaktifkan atau Menghapus Add-ons atau plugin browser yang anda rasa jarang anda gunakan, dengan begitu Mozilla Firefox akan terasa lebih ringan.
  5. Batasi penggunaan Tab, jangan terlalu banyak membuka tab pada mozilla karena hal itu akan membuat mozilla terasa berat
  6. Temukan masalah dan percepat mozilla firefox anda dengan SpeedyFox baca di Cara Mempercepat dan Meringankan Mozilla Firefox dengan SpeedyFox
kira-kira itu dia cara mengatasi atau solusi untuk anda yang mengalami not rensponding pada Mozilla firefox anda, dan saya harap itu membantu anda mengatasi masalah yang ada.

bila anda ingin memberhentikan firefox secara paksa anda bisa menggunakan Task Manager untuk menghentikan Mozilla FIrefox secara paksa dan caranya di Cara Menghentikan Aplikasi atau Program Secara Paksa menggunakan Task Manager

Sekian dulu Penyebab Mozilla Firefox Not Responding dan Mengatasinya dari saya. Terima kasih karna telah berkunjung ke Blog Saya Saya sangat Berterima Kasih jika Anda Meninggalkan Komentar :) Terima Kasih yg sudah berkunjung di Blog Saya, jangan lupa Comment And Share ! :D

1 comments:

  1. Amazing post . Banyak amat ya gan . kirain cuma kebanyakan add ons aja :3

    ReplyDelete